Tahapan Kehidupan

Kunci Work From Home yang Sehat

Work from home. Istilah ini sering sekali terdengar di mana-mana setelah pemerintah mengumumkan untuk karantina di rumah. Istilah work from home atau bekerja dari rumah terkesan santai dan mudah dilakukan. Nyatanya, work from home tidak semudah itu dilakukan.

Beberapa orang yang biasa bekerja di kantor mengaku merasa kesulitan dan tidak bersemangat ketika bekerja dari rumah. Kesulitan yang biasa dihadapi biasanya seputar koneksi internet yang tidak stabil, gangguan dari keluarga seperti anak yang merengek ingin main, hingga masalah dari dalam sendiri seperti tidak mood mengerjakan pekerjaan. Hal ini memang bisa dikatakan sebagai penghambat pekerjaan, apalagi jika sedang dikerjar deadline. Namun, waktu terus bergulir dan pekerjaan tetap harus dikerjakan, bukan? 

Ada banyak tips terkait terciptanya suasana work from home yang baik. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Komunikasikan dengan keluarga

Hal penting dan krusial dilakukan adalah mengomunikasikan perihal work from home kepada keluarga di rumah. Dimulai dari waktu bekerja dan tempat bekerja yang akan Anda pakai. Tidak semua orang memahami konsep work from home, baik anak-anak maupun orangtua yang sudah sepuh di rumah. Pastikan Anda menetapkan jam berapa harus bekerja, dan jam berapa harus membagi waktu bersama keluarga. Siapkan kegiatan yang menarik untuk anak yang membuat mereka fokus, seperti membaca buku atau menggambar. 

2. Tetapkan jam kerja yang efektif

Menetapkan jam kerja memang bukan hal mudah, terutama jika Anda memiliki anak-anak yang aktif dan butuh perhatian. Namun bukan berarti hal ini tidak mungkin dilakukan. Tetapkan jam kerja yang efektif dan disiplinkan diri Anda. Misalnya Anda bisa memulai kerja dari jam 8-12 siang dan dilanjutkan lagi sampai jam 5 sore. Diluar waktu tersebut, sebisa mungkin hindari hal yang menyangkut pekerjaan. Anda tetap butuh waktu istirahat untuk makan, tidur, ibadah, dan menikmati kebersamaan keluarga. Komunikasikan dengan rekan kantor dan klien jika memungkinkan untuk disiplin pada jam yang telah ditentukan. Dengan begitu pekerjaan akan terselesaikan secara efisien seperti di kantor.

3. Berpikir positif

Satu hal kunci lainnya untuk tetap sehat dan efektif work from home adalah berpikir positif. Mengapa berpikir positif? Dengan menanamkan pikiran positif, mood Anda akan naik secara signifikan dan tentunya berpengaruh pada efektivitas serta efisiensi pekerjaan. Cara berpikir positif pun tidak sulit. Anda bisa memulai dengan menarik napas dalam, menghembuskannya, dan mulai menanamkan pemikiran hanya yang baik saja ke dalam otak. Jangan pikirkan negatif atau kegagalan yang akan Anda temukan. Contoh berpikir positif sederhananya seperti memastikan pekerjaan dengan deadline ketat ini akan cepat selesai dengan baik walau banyak gangguan dari anggota keluarga. Walau sepertinya tidak mungkin, namun jika Anda tanamkan pikiran positif, secara tidak langsung otak dan tubuh akan bersinergi untuk mewujudkan yang Anda ingin capai. Jadi, manfaat berpikir positif yang paling utama saat work from home ini adalah pekerjaan Anda cepat selesai dengan hasil yang baik.

Ketiga tips di atas diyakini mampu membuat work from home Anda menjadi lebih baik, efektif, dan juga tetap sehat. Begitu juga memilih BCA Life sebagai asuransi yang bisa melindungi rencana masa depan Anda. Bila Anda sudah memiliki polis BCA Life dan ingin mengetahui ketentuan umum asuransi yang dimiliki BCA Life, Anda dapat mengakses laman Panduan. BCA Life siap membantu Anda untuk pertanyaan seputar produk dan polis melalui chat Halo BCA yang tersedia di website resmi BCA Life.


PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life)

Senantiasa Melindungi Anda #BCALife2023

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan