Satu-Satunya Asuransi Jiwa Anak Usaha Grup BCA

Pahami Cara Menyiapkan Dana Pendidikan yang Benar

Jun 15, 2020

Setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Namun pada kenyataannya, pendidikan yang terbaik memerlukan biaya yang tidak sedikit. Biaya pendidikan pasti mengalami kenaikan setiap tahun. Apa yang akan Anda lakukan untuk menyiapkan pendidikan anak?

 

Perlu diketahui bahwa ketika si kecil lahir, saat itulah Anda harus mulai menyiapkan dana pendidikan anak. Kenaikan biaya pendidikan di Indonesia berkisar antara 15% - 20% per tahun, dan hanya biaya pokoknya saja, belum termasuk biaya hidup dan biaya lainnya. Perhitungan ini akan menjadi makin besar ketika Anda berencana ingin menyekolahkan anak ke luar negeri secara swadaya. Biayanya tentu besar dan tidak bisa diprediksi dengan detail dari sekarang.

 

Maka, untuk lebih amannya, sebaiknya dari sekarang Anda mulai menyiapkan tabungan pendidikan anak. Bagaimana kiatnya? Berikut kami sajikan untuk Anda:

 

Memilih Sekolah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih sekolah yang dituju. Perencanaan yang Anda buat akan sangat berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Anda bisa mulai dari menentukan apakah anak akan bersekolah di sekolah negeri atau swasta atau sekolah internasional. 

 

Merancang anggaran dengan menghitung biaya

Lanjutkan rencana yang telah Anda buat dengan mengkalkulasikan biayanya. Untuk mengetahui biaya pendidikan, Anda bisa melakukan survei di beberapa sekolah. Kini sudah banyak orangtua yang membagikan harga beberapa sekolah di berbagai wilayah. Pilih sekolah mana yang sekiranya tepat dan hitung biayanya dengan menambahkan kenaikan sekitar 15% per tahun. Dari situ Anda bisa melihat apakah angka tersebut sesuai dengan pendapatan.

 

Pilih instrumen untuk menyiapkan dana pendidikan

Dana pendidikan bisa disiapkan dengan beragam instrumen, mulai dari tabungan berjangka, deposito, asuransi, hingga saham. Pilihlah instrumen yang sesuai dengan profil risiko serta tujuan dananya. Bila akan digunakan untuk jangka pendek, pilihlah yang mudah dicairkan. Bila akan digunakan untuk jangka panjang, pilihlah yang dapat melampaui inflasi.

 

Hindari kesalahan berikut

Hati-hati untuk selalu menghindari kesalahan menyiapkan dana pendidikan anak. Banyak sekali kesalahan yang sering terjadi ketika berurusan dengan dana pendidikan. Misalnya saja, tidak melakukan perencanaan dengan baik, terlambat mulai merencanakan, menganggap remeh inflasi, salah menentukan waktu menabung, hingga berinvestasi terlalu sedikit dan tanpa rencana yang jelas. Kesalahan-kesalahan tersebut akan membuat dana pendidikan anak semakin tertunda sementara pendidikan harus tetap berjalan.

 

BCA Life memiliki produk yang dapat menjadi instrumen untuk menyiapkan dana pendidikan, yaitu BCA Life Legacy Protection. Manfaat utamanya adalah Uang Pertanggungan bila tertanggung Meninggal Dunia, serta beragam manfaat tambahan seperti manfaat pinjaman polis, manfaat penebusan polis, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak seputar info gaya hidup sehat, kunjungi kami di sini.

  • 1
  • 2
  • 3

Pilih Produk BCA Life
yang Sesuai Kebutuhan Anda

arrow

PT Asuransi Jiwa BCA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
Syarat & Ketentuan Penggunaan Website.Copyright © 2020 PT Asuransi Jiwa BCA
Untuk tampilan terbaik, sebaiknya website dibuka dengan menggunakan browser Chrome dan Mozilla Firefox