Satu-Satunya Asuransi Jiwa Anak Usaha Grup BCA

Menangkal Hoaks Dimulai dari Diri Sendiri

Apr 23, 2018

Pernahkah Anda tertipu ketika ada yang mengirimkan informasi melalui aplikasi pesan yang berisi peringatan bencana besar seperti tsunami atau gempa bumi ternyata tidak terjadi seperti yang disampaikan di pesan tersebut?

Hoaks atau informasi palsu kini beredar di mana – mana dan siapapun dapat terkecoh karenanya. Hoaks tidak hanya seputar politik dan sosial, tetapi juga mengenai kesehatan, dan informasi di kehidupan sehari-hari. Hoaks berbahaya karena tidak hanya palsu atau informasi di dalamnya tidak benar, tetapi juga menyesatkan. Siapapun yang terjebak hoaks cenderung sulit menerima koreksi atas informasi hoaks yang diterima.

Agar kita tidak mudah memercayai hoaks, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan.

Saring sebelum Sharing

Pikir lima kali sebelum memilih untuk share informasi yang Anda terima. Bila Anda punya cukup waktu, sempatkanlah Googling untuk memastikan bahwa informasi tersebut benar, akurat, dan telah diberitakan oleh situs/ media yang kredibel. Tidak semua situs/ media di Google adalah informasi yang benar dan resmi. Bila Anda tidak yakin, sebaiknya informasi tidak Anda teruskan.

Menjadi yang Pertama tidak selalu yang Terbaik

Terkadang kita menemukan suatu peristiwa yang menarik untuk diberitakan, lalu kita foto dan kita sebarkan. Menjadi persoalan apabila kita tidak tahu peristiwa itu secara menyeluruh dan hanya menyampaikan sepotong sehingga dapat ditafsirkan berbeda oleh orang lain. Menyebarkan berita palsu tidak hanya merugikan orang lain tetapi juga melanggar hukum yang dapat ganjaran pidana. Sebaiknya bekali diri dengan informasi yang lebih lengkap sebelum kita memutuskan untuk menyebarkannya.

Tidak Mudah Percaya Berita “Katanya”

Rumor tidak selalu benar, bahkan bisa jadi menyesatkan. Agar kita dapat informasi yang sebenar-benarnya akan lebih tepat menanyakan langsung pada sumber utamanya. Sebagai contoh, apabila Anda ingin menanyakan mengenai polis dan ingin mengajukan klaim produk BCA Life, Anda dapat menanyakan kepada Halo BCA 1500888 yang dapat diandalkan dan terpercaya. Informasi lengkap untuk menghubungi BCA Life bisa didapat di sini.

  • 1
  • 2
  • 3

Pilih Produk BCA Life
yang Sesuai Kebutuhan Anda

arrow

PT Asuransi Jiwa BCA Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan RI
Syarat & Ketentuan Penggunaan Website.Copyright © 2018 PT Asuransi Jiwa BCA