Satu-Satunya Asuransi Jiwa Anak Usaha Grup BCA

Cara Belajar Menabung yang Benar dan Sangat Mudah

Jan 18, 2021

Orang-orang yang terbiasa hidup boros pasti rentan mengalami gangguan finansial. Karena kebutuhan tak terduga yang sifatnya mendesak tidak dapat dipenuhi bila tidak memiliki tabungan. Jumlah gaji bukanlah patokan utama untuk menabung, sebab ternyata tidak sedikit orang bergaji besar yang justru tidak punya tabungan sama sekali. Cara belajar menabung tidak sulit dipelajari bila Anda bertekad melakukannya sejak dini. 

Sekarang, mari simak dulu tips menabung mudah berikut ini agar Anda makin mahir menabung dan uang tabungan lekas bertambah banyak:

Selalu Cermat Berhemat saat Belanja

Cara menabung yang benar patut dimulai dari upaya berhemat. Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan utama sering kali membuat seseorang jadi cenderung boros. Itulah sebabnya Anda harus berbelanja secara cermat. Luangkan waktu untuk membandingkan promo termurah di beberapa supermarket dan toko online. Anda juga bisa belanja di pasar tradisional demi mendapatkan harga termurah. Kebutuhan utama bagi diri sendiri dan keluarga pun akan tercukupi tanpa menguras isi kantong.

Memangkas Pengeluaran yang Kurang Penting

Gaya hidup modern yang konsumtif, rentan membuat seseorang menjadi sulit menabung. Bahkan, latte factor juga turut mempengaruhi kondisi finansial. Latte factor adalah istilah untuk menyebut pengeluaran kecil yang dianggap remeh tetapi dilakukan terus-menerus hingga menyebabkan pengeluaran membengkak, misalnya membeli makanan via layanan delivery ojek online, jajan minuman setiap hari, atau sering belanja online hanya berdasarkan keinginan sesaat. Mulai sekarang, Anda harus lebih telaten memangkas pengeluaran yang tidak penting agar sisa uang untuk ditabung jadi semakin banyak. Carilah alternatif gaya hidup dan hiburan yang lebih sederhana dan hemat agar tidak menyebabkan beban finansial bertambah besar.

Menyiapkan Satu Rekening Khusus

Jika uang di rekening Anda senantiasa membuat Anda tergoda untuk boros, berarti Anda harus menyiapkan satu rekening khusus. Gunakan rekening baru Anda untuk menyisihkan pendapatan bulanan. Bila perlu, Anda bisa memanfaatkan sistem tabungan berjangka yang melakukan autodebet setiap bulan sehingga jumlah tabungan senantiasa bertambah dengan nominal yang sama. Setelah pendapatan Anda sudah disisihkan untuk menambah tabungan, Anda bisa menggunakan sisa uang yang ada untuk memenuhi berbagai kebutuhan serta melunasi kewajiban (cicilan dan tagihan) sampai akhir bulan.

Berpartisipasi dalam Arisan

Arisan ternyata merupakan salah satu cara menabung yang sangat mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Anda bisa mengikuti arisan dengan jumlah ratusan ribu rupiah bila ingin menyisihkan uang secara teratur. Semakin banyak anggota arisan, maka semakin besar pula uang yang bisa Anda dapatkan dalam satu periode arisan. Anda bisa mengambil arisan duluan bila ingin menggunakannya untuk investasi atau menahannya sampai akhir periode sebagai tabungan.

Menyisihkan Emergency Fund dan Sinking Fund

Emergency fund (dana darurat) dan sinking fund sama-sama penting untuk menjaga kestabilan finansial Anda, tetapi keduanya memiliki arti berbeda. Emergency fund dikumpulkan untuk mengantisipasi kejadian yang mendadak dan bersifat mendesak, misalnya bila Anda tiba-tiba dipecat, anggota keluarga sakit parah, atau meninggal dunia. Anda tak dapat memprediksi tujuan emergency fund yang dikumpulkan secara teratur. Sebaliknya, sinking fund justru identik dengan tujuan yang spesifik. Anda berusaha menabung dalam jangka waktu tertentu supaya bisa merealisasikan rencana secara lancar sehingga persiapan dana tersebut tidak mengganggu tabungan atau aset investasi Anda yang lain, misalnya biaya servis kendaraan pribadi, bujet traveling, biaya pernikahan (bagi para lajang), atau biaya pendidikan anak.

Perihal Emergency Fund atau dana darurat, adakalanya kejadian yang mendadak dan mendesak tidak dapat ditanggulangi dari hasil menabung. Risiko kecelakaan yang tidak dapat diprediksi serta jumlah dana yang dibutuhkannya, bisa saja melebihi tabungan dana darurat. Solusi lain dalam menanggulangi ini adalah dengan perlindungan menyeluruh dari BCA Life Accident Guard. Produk BCA Life yang satu ini merupakan asuransi kecelakaan (Personal Accident) dengan manfaat uang pertanggungan, bila terjadi risiko meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan mencapai 500 juta rupiah. Premi BCA Life Accident Guard terbilang ringan dan bisa dibayar dengan sistem autodebet dari kartu kredit. Bahkan, Anda bisa membayar premi 8 tahun secara langsung untuk mendapatkan proteksi selama 12 tahun. Premi BCA Life Accident Guard yang ringan dengan manfaat proteksi besar tak akan membebani finansial Anda sehingga Anda tetap bisa menabung secara rutin.

  • 1
  • 2
  • 3

Pilih Produk BCA Life
yang Sesuai Kebutuhan Anda

arrow

PT ASURANSI JIWA BCA berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
Syarat & Ketentuan Penggunaan Website. Copyright © 2022 PT ASURANSI JIWA BCA
Untuk tampilan terbaik, sebaiknya website dibuka dengan menggunakan browser Chrome dan Mozilla Firefox