Satu-Satunya Asuransi Jiwa Anak Usaha Grup BCA

5 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Selama Social Distancing

Mar 16, 2020

Corona virus atau COVID-19 adalah sebuah virus yang menyebar melalui kontak fisik antara satu orang ke orang lain. Cara terbaik untuk memerangi penyebaran virus ini adalah dengan berlatih menjaga jarak atau social distancing. 

Namun apakah makna dari social distancing itu sendiri dan apa saja yang harus dilakukan untuk menerapkannya?

Apa Itu Social Distancing?

Jarak sosial menempatkan ruang di antara orang-orang. Ketika orang yang terinfeksi virus menjauh dari orang lain, mereka tidak dapat menularkannya kepada orang lain. Dengan cara ini, maka akan semakin sedikit orang yang sakit pada saat yang sama. Hal ini sangat membantu dokter dan rumah sakit dalam hal melakukan perawatan pada orang yang lebih membutuhkan.

Mengapa perlu social distancing? Semakin sedikit orang yang sakit pada saat yang sama, lonjakan pasien semakin berkurang. Karena faktanya gerakan ini bisa mengurangi lonjakan pasien Corona. Jarak sosial dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Menutup sekolah, restoran, toko, bioskop, dan tempat-tempat lain di mana orang berkumpul
  2. Tidak mengadakan acara yang dihadiri oleh lebih dari 2 orang
  3. Tidak bepergian kecuali dalam hal mendesak dan berbelanja kebutuhan pokok atau obat-obatan
  4. Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah
  5. Tidak menggunakan transportasi umum, termasuk bus, kereta api, taksi, dan ojek online

Hal-hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Selama Social Distancing

Berikut adalah tips social distancing yang bisa Anda lakukan selama pandemi :

1. Hindari Makan di Tempat Umum

Cobalah untuk menghindari makan di tempat-tempat umum seperti warung makan atau restoran. Sebagai alternatifnya Anda bisa membungkus makanan Anda atau memesan melalui aplikasi atau lewat telepon. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum melahap makanan Anda dan buanglah segera pembungkus makanan. 

2. Lindungi Para Orang Tua Lanjut Usia

Orang tua lanjut usia adalah golongan orang yang rentan untuk terpapar virus corona karena menurunnya daya tahan tubuh dan faktor penyakit yang mungkin diderita. Jadi pastikan Anda membatasi diri Anda untuk berinteraksi dengan manula agar tidak tertular virus ini atau bahkan menularinya. Lakukan protokol sanitasi dengan selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan sebelum bertemu dengan mereka. 

3. Anda Pekerja? Titipkan Anak ke Day Care yang Tidak Ramai

Saat ini pemerintah menghimbau untuk bekerja di rumah, namun sebagian dari masyarakat tetap bekerja karena beberapa sektor usaha harus tetap berjalan. Apabila Anda bukanlah karyawan yang bisa kerja di rumah dan masih harus bekerja sementara Anda memiliki anak, maka titipkan sang anak ke tempat penitipan anak (Day Care) yang tidak begitu ramai. Carilah Day Care yang terjamin kebersihannya untuk menghindari virus dan bakteri yang tidak diinginkan. 

4. Ajak  Anak Bermain Dahulu di Rumah

Meskipun berat bagi anak-anak untuk bermain tanpa teman-temannya, namun hal itu harus Anda lakukan demi menjaga anak Anda terhindar dari COVID-19. Siapapun, termasuk anak-anak, berpotensi tertular virus corona bahkan tanpa gejala sakit sama sekali. 

Jadi selama social distancing ini, berilah pengertian kepada anak Anda untuk bermain di rumah saja. Buatlah sang anak nyaman bermain di rumah dan siapkan permainan atau kegiatan yang membuat anak betah di rumah. 

5. Jangan Melakukan Perjalanan Wisata

Social distancing juga mengharuskan Anda dan keluarga menghindari bepergian ke tempat-tempat wisata. Anda tidak akan tahu bahwa mungkin saja selama perjalanan ke wisata Anda dan keluarga terpapar virus atau di tujuan wisata Anda ada orang yang sudah terjangkit virus. Tak hanya perjalanan wisata, Anda diharapkan untuk mengurungkan perjalanan kecuali hal yang mendesak atau tuntutan pekerjaan.

Di tengah kondisi wabah seperti saat ini, memiliki asuransi sangat dianjurkan sebagai upaya melindungi diri sendiri dan juga keluarga tercinta. BCA Life memberikan solusi perlindungan asuransi kesehatan, jiwa dan kecelakaan untuk Anda sekeluarga. Apabila Anda memerlukan bantuan dalam hal informasi polis dan status klaim, Anda dapat menghubungi Halo BCA di nomor 150888 atau menghubungi kami melalui email. Informasi selengkapnya dapat Anda cek di halaman ini.


  • 1
  • 2
  • 3

Pilih Produk BCA Life
yang Sesuai Kebutuhan Anda

Pemberitahuan Halo BCALife
arrow

PT ASURANSI JIWA BCA berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
Syarat & Ketentuan Penggunaan Website. Copyright © 2022 PT ASURANSI JIWA BCA
Untuk tampilan terbaik, sebaiknya website dibuka dengan menggunakan browser Chrome dan Mozilla Firefox